Rabu, 04 Desember 2013

Sejarah TB Pustaka Ilmu Trawas



Puji syukur kami panjatkan ke Hadlirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat-Nya semata, Blog TB Pustaka Ilmu Trawas ini dapat terwujud. 
TB Pustaka Ilmu Trawas adalah sebuah bentuk usaha dari kami selaku penanggung jawab / pengelola untuk meningkatkan minat baca masyarakat dengan memberi fasilitas membaca gratis bagi seluruh lapisan masyarakat. 
TB Pustaka Ilmu Trawas berdiri sejak Maret 2009. Untuk menarik minat masyarakat terutama anak-anak untuk mau berkunjung dan mendaftar sebagai anggota, kami melakukan strategi dengan membagikan poster gratis bagi semua orang yang mendaftar. Dan syukur alhamdulillah di awal pembukaan jumlah pendaftar sebanyak 25 orang. Dan jumlah ini semakin hari semakin bertambah. 
Ruang Baca TB Pustaka Ilmu Trawas pada awal berdiri.

Buku-buku koleksi dari TB Pustaka Ilmu Trawas seluruhnya merupakan buku-buku koleksi pribadi kami. Kami memanfaatkan ruang tamu dengan luas 3,5 meter x 5 meter milik orang tua sebagai ruang baca. Jendela kami sulap menjadi rak buku. Sangat sederhana namun cukup nyaman buat anak-anak. Kami menempati ruang tamu ini selama hampir 1,5 tahun. 
Pengunjung sangat tertib mengisi daftar hadir. Kegiatanpun berjalan dengan lancar meski kami hanya seorang diri.  
 




Rumah bambu tempat kegiatan anak-anak TB Pustaka Ilmu Trawas
 Pada bulan Maret 2011 kami membangun sebuah tempat berupa rumah panggung dari bambu sebagai tempat kegiatan TB Pustaka Ilmu Trawas. Tempat ini mempunyai banyak kekurangan, karena ruangannya terbuka, sehingga pada saat musim hujan dengan disertai angin maka buku-buku menjadi lembab dan banyak yang rusak.
Pengunjung juga semakin menurun karena tidak ada penambahan koleksi buku. Selain itu banyak sekali anggota yang berasal dari desa lain terutama anak-anak remaja (pelajar SMP) yang nakal. Saat meminjam buku dan dibawa pulang, kebanyakan tidak mau mengembalikan. Sehingga jumlah buku semakin berkurang.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar